Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Aplikasi Adobe Photoshop “Not-Responding” 2020

Pasti kalian pernah menglami Pohotoshop yang kalian jalankan terasa berat ketika sedang mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan, tiba-tiba aplikasi tersebut notresponding atau bahkan keluar dengan sendirinya.

Hal tersebut memang besar dipengaruhi seberapa besar spesifiksi komputer atau lapop yang kalian gunakan. Ketika kalian mengistal aplikasi nya, Pastikan komputer atau laptop kalian memenuhi requirement dengan Photoshop yang kalian akan instal, kalian bisa cari requirement nya sesuai dengan spek komputer kalian.
Misalnya Photoshop CC 2017 minimum requirement:
WINDOWS
  • Intel® Core 2 atau AMD Athlon 64 processor; 2 GHz
  • Microsoft Windows 7 Service Pack 1, Windows 8.1, atau Windows 10
  • 2 GB atau lebih RAM (8 GB direkomendasikan)
  • 6 GB atau lebih ruang hard-disk yang tersedia
  • 512 MB atau lebih dari dedicated VRAM; 2 GB dianjurkan
  • OpenGL sistem 2.0

 

Apa Solusi Not Responting?

Mungkin ini buka salah satu cara dan masih banyak cara yang bisa kalian lakukan. Tapi disini saya hanya akan membagikan cara yang sederhana, Yang perlu ketahui dan mungkin patuat untuk kalian coba. Cara ini tidak harus mengganti atau mengupgrade komputer kalian dengan yang baru, cukup dengan beberapa settingan pada photoshop.

Nah, masuk pada cara mengatasi persoalan tersebut. Yang pastinya sangat mudah untuk di praktekan.


Langkah yang pertama tetntunya kalian masuk ke aplikasi photoshop
Kemudian ke menu Edit > Preferences > General atau dengan menekan shortcut Ctrl + K
Setelah itu akan muncul menu seperti di bawah ini.
Lalu pilih Performace dan atur Memory Usage sesuaikan dengan kapasitas RAM yang kalian pasang di komputer kalian. Disarankan untuk mengaturnya 50-60% saja agar komoputer kalian masih bisa membuaka aplikasi yang lain.
Di anjurkan juga untuk mengatur Histori State yaitu seberapa banyak yang kalian bisa Undo nantinya ketika sedang mengedit, juga Cache Levels, dan Cache Tile size.Sekian Tips yang saya bisa bagikan semoga bisa bermanfaat.