Classroom: Solusi Ruang Belajar Disaat Wabah Corona


Dengan adanya wabah virus Corona, pemerintah membuat kebijakan di sektor pendidikan, dimana sistem pembelajaran dilakukan secara online atau daring. Hal tersebut dilakukan untuk memperkelcil meluasnya sebaran virus Corona.

Dengan kebijakan tersebut para guru atau dosen akan memerlukan sebuah ruang untuk mengadakan pembelajaan bagi muridnya.

Nah, dengan Classroom lah para guru akan membuat sebuah ruang belajar online dengan murid-muridnya.

Mari kita kenali terlebih dahulu Classroom.


Apa sih Google Classroom?

Classroom merupakan sebuah platform milik google yang menyediakan ruang belajar secara online, yang dapata di manajemen oleh instansi sekolah ataupun guru untuk memberikan sebuah materi pembelajaran. 

Dengan Classroom seorang murid tidak lagi terikat oleh ruang dan waktu untuk mengakses materi yang terlah diberikan, selama dia masih dapat terhubung ke internet dia dapat mengakses materi tersebut.


Fungsi dan Manfaat Google Classroom

  • Sebagai media pembelajaran daring.
  • Mempermudah dalam penghematan kertas.
  • Efektif dan efesien menghemat waktu.
  • Berbagi informasi secara cepat dan tapat.
  •  

Fitur Google Classroom

  • Memberi tugas yang beragam—Tambahkan materi ke tugas Anda, seperti video YouTube, survei Google Formulir, PDF, dan item lainnya dari Google Drive. Pengajar dan siswa dapat menandai, membuat catatan, serta menggambar di dokumen dan PDF di aplikasi seluler Classroom.
  • Lembar kerja sekali klik—Lampirkan lembar kerja ke tugas dan buat salinan untuk masing-masing siswa dengan sekali klik.
  • Menyimpan referensi di satu tempat—Buat topik untuk referensi utama agar siswa selalu dapat mengakses materi, seperti sheet pendaftaran, silabus kelas, atau teks online.
  • Menilai dengan cepat dan mudah—Urutkan siswa, lihat siswa yang sudah menyerahkan tugas, tambahkan masukan, buat draf nilai untuk dibagikan di lain waktu, atau kembalikan tugas yang sudah dinilai kepada semua siswa dengan sekali klik. Selain itu, tambahkan catatan dan masukan visual ke tugas siswa di aplikasi seluler Classroom.
  • Masukan secara real-time—Lihat, komentari, atau edit tugas siswa secara real-time di fitur penilaian Dokumen. Buat catatan pada tugas siswa di aplikasi seluler Classroom.
  • Membuat diskusi kelas—Di halaman Forum, posting pengumuman, libatkan siswa dalam diskusi berbasis pertanyaan, dorong siswa untuk membalas jawaban teman sekelas, dan pindahkan topik penting ke atas.
  • Mengelola diskusi kelas—Kontrol siapa saja yang dapat memposting ke halaman Forum, dan nonaktifkan siswa tertentu dari postingan atau komentar.
  • Mengirim konten ke layar siswa—Kirim halaman secara langsung ke kelas dengan ekstensi Berbagi ke Classroom. Siswa juga dapat berbagi layar dengan pengajar mereka.
  • Membagikan konten—Bagikan link, video, dan gambar dari situs ke Classroom dengan sekali klik di ekstensi Berbagi ke Classroom.
  • Berkomunikasi dengan wali—Pengajar di domain G Suite dapat mengundang orang tua dan wali untuk mendaftar email evaluasi yang mencakup tugas siswa yang akan datang atau yang terlewat.
Refrensi: https://support.google.com/edu/classroom/answer/6376881?hl=id

Cara Login dan daftar Ke Google Classroom

Seperti yang telah kalian ketahui bahwa Google Classroom merupakan salah satu platfrom gratis dari google, jadi jika kalian sudah memiliki akun google kalian tidak perlu lagi medaftar di google classroom, kalian hanya perlu melakukan login dengan akun google tersebut. dengan cara sebagai berikut:

1. Ketikan saja di Search Google "Google Classroom", kemudian pilih halamn yang teratas.

2. Setelah itu Pilih "Go to Classroom".

3. Pilih akun yang kalian akan gunakan, jika kalian memiliki beberapa akun Google. Jika tidak lanjut saja.

4. Setelah itu akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Cara Masuk Ke Kelas di Google Classroom

Kalian pilih icon +(plus) di pojok kanan atas. Jika kalian seorang pelajar maka pilih "Gabung ke kelas", jika kalian seorang pengajar kalian pilih "Buat kelas" untuk membuat kelas.

Kemudian Masukan kode yang telah guru kalian berikan.

Admin

Iseng-iseng berhadiah. jangan lupa bismillah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama