Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Berbagai Fitur Gmail Untuk Mudahkan Pekerjaan

 

Kenali Berbagai Fitur Gmail Untuk Mudahkan Pekerjaan

Tak bisa disangkal bahwa kehadiran teknologi sangatlah penting dan memengaruhi kegiatan Anda saat ini. Keadaan pandemi Covid-19 pun memaksa Anda untuk berkomunikasi dengan kerabat dan relasi secara online. Salah satu alat komunikasi yaitu email memiliki peranan penting, baik untuk mengirimkan tugas sekolah kepada guru, revisi skripsi kepada dosen pembimbing maupun tugas deadline kepada atasan. Salah satu platform email yang sering masyarakat gunakan kini ialah Google Mail atau biasa disebut Gmail.

Gmail menghadirkan fitur-fitur untuk memudahkan berbagai kebutuhan penggunanya. Tapi, dari berbagai fitur yang ada, apakah Anda sudah mengenali keberadaan dan kegunaannya? Berikut penjelasan enam fitur pada Gmail untuk memudahkan Anda dalam pekerjaan :

Smart Reply

Fitur ini berguna untuk menampilkan suatu kata atau kalimat prediksi yang muncul saat membalas email tertentu. Prediksi ini didasari oleh penggunaan gaya bahasa yang sering Anda gunakan. Gmail mendeteksi pertanyaan-pertanyaan sebelumnya yang telah dikirim ke kotak masuk Anda dan menawarkan tanggapan yang bervariasi, seperti Ya, Tidak, atau Mungkin. Tapi, jika Anda terganggu, matikan fitur ini dengan klik Settings, lalu klik General.

Snooze Email

Snooze email bekerja layaknya snooze alarm. Anda bisa menyembunyikan suatu email sampai Anda siap untuk membacanya. Fitur baru dari Gmail ini berguna untuk Anda yang sibuk dan tidak ingin melewati satu email yang masuk. Anda bisa mengaktifkannya dengan klik ikon jam yang terletak di sebelah kanan ketika mengarahkan kursor ke suatu email. Kemudian, pilihlah seberapa lama ingin menyembunyikan email tersebut dan muncul kembali di kotak masuk Anda.

Mute Email

Fitur mute email sangat berguna untuk Anda yang sering dikirimkan email yang tidak dikenal asal usulnya. Selain itu, fitur ini juga penting bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari segala notifikasi email yang masuk. Anda bisa menemukan fitur ini pada ikon titik tiga pada toolbar ketika mengklik salah satu email.

Offline Mode

Offline mode dapat memudahkan Anda bekerja tanpa gangguan koneksi ketika akses internet tidak tersedia. Selain itu, dengan fitur ini Anda dapat menanggapi, menulis, menghapus, mengarsipkan, serta mencari email selama 90 hari. Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui Gmail web.

Schedule Send

Apakah Anda ingin mengirim email tepat waktu tapi takut tela atau lupa mengirimnya? Gmail kini mengeluarkan fitur schedule send. Fitur ini dapat mengatur kapan Anda ingin mengirim email kepada orang lain. Setelah menulis email, klik panah ke arah bawah pada tombol send atau kirim. Kemudian, klik ”Schedule Send”. Anda bisa memilih tanggal dan waktu pengiriman. Melalui fitur ini, Anda tidak akan lupa dan telat mengirimkan email.

Self-destruct

Apakah Anda ingin mengirimkan email penting atau sensitif yang takut tersebar ke orang lain? Anda bisa menggunakan fitur self-destruct di Gmail. Layaknya Snapchat dan Instagram Stories, Anda bisa menyetel waktu berapa lama email tersebut bertahan di kotak masuk penerima. Fitur ini juga membuat email yang ingin dikirim tidak dapat disalin, print, forward, atau download. Klik ikon jam dengan gembok di bagian kanan bawah yang bertuliskan “Turn Confidential Mode On / Off”. Anda dapat mengatur berapa lama email tersebut bertahan, mulai dari sehari sampai lima tahun. 

Bagaimana? Apakah ada fitur-fitur yang baru Anda ketahui? Semoga setelah membaca artikel ini Anda langsung mencoba fitur tersebut. Semoga bermanfaat!